Akan dibuka rekrutmen, seleksi dan penempatan calon Guru TINGKAT NASIONAL TAHUN 2016
Akan dibuka rekrutmen, seleksi dan penempatan calon Guru SM-3T Pendidikan Menengah oleh Direktorat Pembinaan Guru Pendidikan Menengah, Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Pendaftaran dimulai 6 Juni 2016 pukul 07:00 WIB – 4 Juli 2016 pukul 23:59 WIB. Syarat dan Jadwal Rekrutmen, Seleksi dan Penempatan adalah sebagai berikut:
PERSYARATAN PENDAFTARAN :
1.
Warga Negara Indonesia dibuktikan dengan KTP / SIM yang masih berlaku.
2.
Sarjana dari program studi kependidikan minimal S-1 lulusan tiga tahun terakhir (2014, 2015, 2016) dari program studi terakreditasi minimal B yang sesuai dengan kebutuhan mata pelajaran dan atau bidang keahlian yang dibutuhkan; pas foto berwarna, soft copy ijazah dan transkrip nilai di up load bersama borang pendaftaran dari sistem informasi yang ada.
3.
Usia maksimum 27 tahun per 31 Desember 2016.
4.
IPK minimal 3,00; dibuktikan fotokopi transkrip nilai yang telah disahkan (legalisasi).
5.
Berbadan sehat; dibuktikan dengan surat keterangan dokter dari klinik terdaftar / Puskesmas.
6.
Bebas dari narkotika, psikotropika, dan zat adiktif (napza)dibuktikan dengan Surat Keterangan Bebas Narkoba (SKBN) serta Miras dari pejabat yang berwenang.
7.
Berkelakuan baik yang dibuktikan dengan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) yang dikeluarkan oleh Polres/Polresta.
8.
Belum menikah dan bersedia tidak menikah selama mengikuti Program SM-3T yang dibuktikan dengan surat pernyataan bermaterai 6000 rupiah.
9.
Belum pernah mengikuti program SM-3T pada tahun sebelumnya, dan sanggup mengikuti program PPG yang dibuktikan dengan surat pernyataan bermaterai.
Bukti persyaratan nomor 1) s.d. nomor 9) dibawa pada saat tes wawancara. Pada saat wawancara peserta juga diminta membawa contoh RPP yang dibuat sendiri (berdasar topik tertentu yang dipilih). Khusus lulusan tahun 2016 yang belum memiliki ijazah, dapat menggunakan Surat Keterangan Lulus (SKL) yang ditandatangani dan/atau diketahui Pembantu/Wakil Rektor Bidang Akademik, sedangkan ijazah dan transkrip nilai asli wajib ditunjukkan pada saat wawancara.
NAMA PROGRAM STUDI YANG DIBUTUHKAN
1.
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
2.
Pendidikan Sejarah
3.
Pendidikan Ekonomi
4.
Pendidikan Geografi
5.
Pendidikan IPS
6.
Pendidikan Sosiologi dan Antropologi
7.
Pendidikan Bahasa Indonesia
8.
Pendidikan Bahasa Inggris
9.
Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi
10.
Pendidikan Biologi
11.
Pendidikan Matematika
12.
Pendidikan Fisika
13.
Pendidikan Kimia
14.
Pendidikan IPA
15.
Pendidikan Teknik Bangunan
16.
Pendidikan Teknik Mesin
17.
Pendidikan Teknik Otomotif
18.
Pendidikan Teknik Elektro/Ketenagalistrikan
19.
Pendidikan Teknik Elektronika
20.
Pendidikan Kesejahteraan Keluarga Tata Boga
21.
Pendidikan Kesejahteraan Keluarga Tata Busana
22.
Pendidikan Kesejahteraan Keluarga Tata Rias
23.
Pendidikan Luar Biasa
24.
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
25.
Pendidikan Guru Anak Usia Dini
26.
Bimbingan dan Konseling
27.
Pendidikan Seni Budaya (Drama, Tari, Musik)
28.
Pendidikan Seni Rupa
Sumber.http://gtk.kemdikbud.go.id/