Kesempatan Perbaikan data NUPTK pada Aplikasi Dapodik SMA SMK 8.4.0**
Yth. Bapak/Ibu Operator Dapodik SMA-SMK
di Seluruh Nusantara
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Menindaklanjuti banyaknya permasalahan mengenai status NUPTK yang Invalid
di system VervalPTK (vervalptk.data.kemdikbud.go.id), maka saat ini di buka
kesempatan untuk dapat memperbaiki data NUPTK melalui Aplikasi Dapodik SMA-SMK
guna mendorong percepatan verifikasi dan validasi data NUPTK. Yang
diperlu diperhatikan adalah, bahwa kesempatan untuk dapat memperbaiki/mengedit
data NUPTK melalui Aplikasi Dapodik SMA-SMK 8.4.0** ini hanya = 1 X (SATU
KALI), setelah data NUPTK diisi/ubah/edit kemudian di simpan maka akan kembali
TERKUNCI. Dan perbaikan data NUPTK ini hanya dapat dilakukan pada Aplikasi
Dapodik SMA-SMK versi 8.4.0**. Dihimbau untuk menggunakan kesempatan ini dengan
cermat dan bijaksana.
Berikut penjelasan teknis status NUPTK Invalid di VervalPTK dan
penanganannya:
1. NUPTK INVALID disebabkan kesalahan input
Yang masuk kategori ini adalah:
a. NUPTK salah input/isi di Aplikasi Dapodik SMA-SMK sedangkan status di
aplikasi sudah non aktif dan tidak data di edit.
b. NUPTK diisikan data asal, misalnya = 0000000000000, 11111111111
c. NUPTK diisikan data bukan NUPTK, misalnya diisi PegID
d. NUPTK belum diisikan/kosong, padahal PTK yang bersangkutan sudah
memiliki NUPTK
PERLAKUAN :
a. Lakukan sinkronisasi dan cek report sinkronisasi pada bagian “PERUBAHAN
DATA YANG MASUK KE LOKAL”. Dan cermati pada kolom “Nama Tabel” jika terdapat
“VLD PTK” dengan keterangan “Sukses” sejumlah PTK yang NUPTK nya invalid di
verval PTK, maka kolom NUPTK pada Aplikasi Dapodik SMA-SMK 8.4.0** untuk PTK
yang status NUPTK Invalid sebagaimana penjelasan diatas akan aktif dan dapat
diisi/edit/ubah.
b. Lakukan perbaikan data NUPTK, dan ingat harap dilakukan dengan cermat
karena setelah diisi/ubah dan disimpan, maka akan kembali di kunci. Disarankan
data NUPTK yang diisikan dicek terlebih dahulu pada laman: http://gtk.data.kemdikbud.go.id/Data/Status
c. Setelah dilakukan perbaikan data NUPTK, lakukan sinkronisasi untuk
mengirimkan perubahan/perbaikan data.
d. Tunggu 1 X 24 jam untuk proses update dari server Dapodik ke server
VervalPTK.
f. Jika status masih INVALID, maka ulangi proses dari awal (poin a.)
2. NUPTK INVALID disebabkan PTK belum memiliki NUPTK
PERLAKUAN :
a. Setelah melakukan sinkronisasi maka kolom NUPTK pada Aplikasi Dapodik
SMA-SMK 8.4.0** menjadi aktif dan dapat diisi, akan tetapi dikarenakan memang
PTK yang bersangkutan belum memiliki NUPTK maka HARUS TETAP DIKOSONGKAN.
b. Dan setelah kembali dilakukan sinkronisasi, maka status NUPTK di
vervalPTK untuk PTK yang belum memiliki NUPTK akan tetap INVALID.
c. TIM dari PDSPK akan melakukan validasi dan kemudian PTK yang belum
memiliki NUPTK akan masuk dalam menu “Kandidat”.
d. Proses berikutnya dilakukan sesuai dengan prosedur pengajuan NUPTK yang
dijelaskan pada Panduan Pengelolaan Data GTK dan NUPTK.
Demikian informasi dari kami dan terimakasih atas perhatian dan
kerjasamanya.
Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Salam Satu Data,
Admin Dapodik SMA-SMK
Sumber. http://dapo.dikmen.kemdikbud.go.id/portal/web/laman/detailBerita/2016-05-09/kesempatan_perbaikan_data_nuptk_pada_aplikasi_dapodik_sma_smk_8.4.0**