Tanya jawab
seputar Aplikasi Dapodik PAUD-DIKMAS Tahun 2015/2016
Berikut ini adalah
pertanyaan-pertanyaan yang sering diajukan oleh Operator terkait dengan
Pendataan Aplikasi Dapodik PAUD-DIKMAS tahun 2016.
Tanya Jawab Seputar Aplikasi Dapodik PAUD-DIKMAS Tahun 2015-2016 :
T: Dimana bisa
mendownload aplikasi DAPODIK PAUD-DIKMAS?
J: Website resmi
DAPODIK PAUD-DIKMAS http://paudni.kemdikbud.go.id/dpn/
T: Apakah aplikasi
DAPODIK PAUD-DIKMAS bisa dijalankan tanpa koneksi internet?
J: Bisa. Aplikasi
DAPODIK PAUD-DIKMAS hanya membutuhkan koneksi internet pada saat Registrasi dan
Sinkronisasi.
T: Bagaimana lembaga
saya bisa mendapatkan kode registrasi?
J: Hubungi Dinas
Pendidikan Kabupaten/Kota setempat.
T: Apa syaratnya
memiliki kode registrasi?
J: Punya NPSN yang
terdaftar di http://referensi.data.kemdikbud.go.id/
T: Saya sudah punya
NPSN tapi kenapa tidak terdaftar di http://referensi.data.kemdikbud.go.id/ ?
J: Mungkin masuk
residu/perlu konfirmasi. Kontak Dinas Pendidikan Setempat, mohon agar lembaga
yang tidak terdaftar tersebut NPSN nya dikonfirmasi/diaktifkan melalui Aplikasi
Verval SP http://vervalsp.data.kemdikbud.go.id
T: Saya sudah punya
NPSN tapi tidak terdaftar di http://referensi.data.kemdikbud.go.id juga tidak
terdapat di Verval SP. Apa yang harus dilakukan?
J: Coba kontak PDSP-K
http://pdsp.kemdikbud.go.id/?cont=kontak
T: Aplikasi yang
digunakan sekarang yang versi berapa?
J: Aplikasi v.1.1.2
dan Patch v.1.1.3.uj
T: Yang mana yang
harus diinstall Aplikasi v.1.1.2 atau patch v.1.1.3.uj?
J: Install dulu
aplikasi v.1.1.2 lalu install/jalankan patch v.1.1.3.uj
T: Apa bedanya
registrasi online dan offline
J: Registrasi online
dilakukan di komputer yang terhubung dengan internet, Registrasi offline
dilakukan di komputer yang tidak terhubung dengan internet, sebelum melakukan
registrasi offline lembaga wajib memiliki kode registrasi dan file prefill yang
diunduh dari Aplikasi manajemen di bagian Manajemen Prefill dan Data ->
Unduh prefill http://118.98.233.177:616/#/laman/prefill
T: Apakah aplikasinya
bisa untuk mengentry banyak lembaga di satu laptop?
J: Bisa. Registrasikan
lembaga pertama, keluar, registrasikan lembaga kedua, keluar registrasikan
lembaga ketika dan seterusnya.
T: Apakah boleh
sinkron berkali-kali
J: Boleh.
T: Apa bedanya
sinkronisasi online dan offline
J: Sinkronisasi online dilakukan di komputer yang terhubung dengan
internet, Sinkronisasi offline dilakukan di komputer yang tidak terhubung
dengan internet, setelah melakukan validasi -> sinkronisasi di komputer yang
offline, Aplikasi akan mengunduh file backup yang kemudian diupload di komputer
yang terhubung internet melalui aplikasi Manajemen di bagian Manajemen Prefill
dan Data -> Upload Data http://118.98.233.177:616/#/laman/upload
T: Dimana bisa
mengecek status sinkronisasi?
J: Cek status
sinkronisasi aplikasi manajemen, bagian Daftar Pengiriman
http://118.98.233.177:616/#/laman/daftar_pengiriman
T: Aplikasi saya gagal
sinkron terus, berhenti di 20%
J: Biasanya karena
menggunakan installer v.1.1.0. Coba uninstall aplikasi lalu install aplikasi ke
versi 1.1.2 lalu patch ke 1.1.3, jika sudah terlanjur mengisi dan sudah banyak
data yang dientri, coba langkah berikut untuk update instalasi dengan membackup
data terlebih dahulu
T: Aplikasi saya sudah
berhasil sinkron, tapi statusnya Gagal Proses terus.
J: Biasanya karena
belum update ke v.1.1.3.uj, download patch v.1.1.3.uj dari
http://paudni.kemdikbud.go.id/dpn/ jalankan ulang patch-nya lalu sinkronisasi
lagi.
T: Kalau saya jalankan
update patch v.1.1.3 apakah data saya akan hilang?
J: Tidak. Patch cuma
memperbaiki aplikasi dan tidak menyentuh data.
T: Sinkronisasi saya
statusnya "Diterima" apa artinya?
J: Arti Status
sinkronisasi adalah sebagai berikut
Diterima (Hijau): Data
sudah terkirim ke server dan siap untuk masuk antrian proses memasukkan ke
database pusat
Proses (Ungu): Data
sedang diproses untuk masuk ke database pusat
Selesai (Biru): Data
sukses diproses dan sudah masuk ke database pusat.
Selesai * (Oranye):
Data sukses diproses dan sudah masuk ke database pusat, dalam pemrosesan
terdapat pembersihan data.
Gagal Proses (Merah):
Data gagal diproses masuk ke database pusat.
T: Kalau statusnya
Selesai * apa berarti datanya belum aman?
J: Datanya sudah aman
diproses ke database pusat, ada pembersihan data, tapi dilakukan secara
otomatis, operator tidak perlu melakukan apapun.
T: Saya sudah
registrasi tapi kenapa tidak bisa masuk ke aplikasi manajemen?
J: Kalau registrasinya
dilakukan secara offline, maka akunnya tidak akan terhubung dengan aplikasi
manajemen, agar bisa login ke aplikasi manajemen, silahkan lakukan registrasi
offline dengan menggunakan kode registrasi lembaga tersebut.
T: Saya sudah sinkron,
tapi ketika cek ke Aplikasi Manajemen data Peserta Didik dan PTK nya belum
masuk. Kenapa?
J: Biasanya karena
Peserta Didiknya belum dimasukkan ke Rombongan Belajar dan PTK nya belum diberi
penugasan.