Alasan Status Linieritas muncul tidak linier pada Cetak
SKMT dan Ajuan SKBK
Saat melakukan Cetak SKMT dan Ajuan SKBK kenapa pada
status linearitas muncul tidak linear? Apa penyebab ketidak-linear-an itu? dan
Apa yang harus dilakukan agar status linearitas menjadi linear?
Kenapa Ajuan SKMT
& SKBK Tidak Linear?
Saat beberapa PTK mencoba fitur S29 (SKBK &
SKMT) di layanan Simpatika, banyak yang mengalami munculnya status tidak
linear.
Inilah yang kemudian menyebabkan operator
madrasah, Kepala Madrasah, hingga pendidik menjadi ketar-ketir. Karena
linearitas terkait erat dengan kelayakan sebagai penerima tunjangan.
linearitas tersebut dipengaruhi oleh tiga hal
hal yaitu kesesuaian Mata Pelajaran yang diajarkan dengan Mata Pelajaran yang
tertera di NRG, Status Verval NRG, dan Nama Mata
Pelajaran yang diisikan dalam Jadwal Mengajar Mingguan.
Untuk memperbaikinya, batalkan dulu Ajuan SKMT
dan SKBK. Prosedur dan tata caranya lihat di artikel berikut:
1. Nama Mata Pelajaran
Tidak Sesuai Kurikulum Nasional
Sama-sama Bahasa Inggris tetapi pada mapel yang
berkotak merah Kurikulum Nasional bertanda strip (-), sedangkan yang lainnya
pada Kurikulum Nasional bertuliskan sesuai nama mapel. Meskipun nama pelajaran
sama dan identik, hal ini oleh sistem dianggap sebagai mata pelajaran yang
tidak sesuai dengan kurikulum.
Solusi:
§
Cek mata pelajaran yang tertulis di menu Sekolah >> Kurikulum
>> Daftar Mata Pelajaran
§ Hapus mata pelajaran
yang pada "kurikulum nasional" berisi tanda strip dengan cara klik
tanda segitiga di ujung kanan lalu pilih Hapus Pelajaran.
§
Cek kembali isian Jadwal Kelas Mingguan. Ganti nama 'mata pelajaran yang
tidak sesuai dengan kurikulum nasional' dengan 'mata pelajaran yang sesuai
kurikulum'
2. Sesuaikan Mapel yang
Diampu dengan Mapel NRG / Sertifikasi Guru
Sesuaikan mata pelajaran yang diajarkan
(diampu) oleh guru telah sesuai dengan sertifikat pendidik dan mata pelajaran
dalam NRG guru yang bersangkutan.
Jika seorang guru memiliki sertifikat
pendidik sebagai guru Bahasa Indonesia, silakan beri mata pelajaran Bahasa
Indonesia dalam Jadwal Kelas Mingguan. Guru dengan sertifikat pendidik
Pendidikan Agama Islam mengajar mata pelajaran Al Quran Hadits, Akidah Akhlak,
Fikih, atau Sejarah Kebudayaan Islam.
Pahami peraturan-peraturan terkait dengan
kesesuaian mata pelajaran dengan Sertifikat Pendidik. Salah satunya adalah KMA
Nomor 103 Tahun 2015.
Bagaimana bagi pendidik yang belum
bersertifikat pendidik?
Ya, terima saja dengan lapang dada status
'tidak linear' yang diberikan.
3. Status Verval NRG
Status linear atau tidak linear juga
terkait dengan status Verval NRG yang telah dilakukan.
Pendidik yang telah melakukan verval NRG dan pengajuannya disetujui dengan
ditandai munculnya NRG di dasbor PTK yang bisa linear. Sebaliknya, jika ajuan
Verval NRG yang dilakukan masih dalam proses maka tidak akan linear.
Pun bagi pendidik yang belum memiliki NRG,
meskipun telah memiliki sertifikat pendidik dan mengampu mata pelajaran sesuai
dengan sertifikat pendidik yang dipunyainya tetap tidak bisa linear dalam ajuan
SKBK dan SKMT.
Berarti harus memenuhi ketiga syarat di atas?
Benar. Agar SKMT dan SKBK yang diajukan linear harus memenuhi ketiga syarat
tersebut, yaitu:
§
Nama mapel dalam Jadwal Kelas Mingguan telah sesuai dengan kurikulum
nasional.
§
Mapel yang diampu telah sesuai dengan sertifikat pendidik dan mapel dalam
NRG.
§
Status Verval NRG telah disetujui.