Rencana Kegiatan Harian (RKH)
No. : 013/diri sendiri/3/I/20.... – 20 ....
Satuan Pendidikan : PAUD________________________
Kelompok : 5 – 6 th
Tema : Diri sendiri
Sub tema : Anggota Tubuh
Waktu : 150 menit
I. Lingkup Perkembangan, Tingkat Pencapaian Perkembangan dan Indikator
No
|
Lingkup Perkembangan
|
Tingkat Pencapaian Perkembangan
|
Indikator
|
I.
|
Nilai-nilai Agama dan Moral
|
1. Mengenal agama yang dianut.
2. Membiasakan diri beribadah.
|
1.2. Menyebutkan tempat ibadah agama yang dianut
2.1. Mengikuti gerakan ibadah
|
II.
|
F i s i k
|
A1. Melakukan gerakan tubuh secara terkoordinasi untuk melatih kelenturan, keseimbangan, dan kelincahan.
B4. Menggunakan alat tulis dengan benar.
|
1.3. Berjalan maju pada garis lurus, berjalan di atas papan titian, berjalan dengan berjinjit, berjalan dengan tumit sambil membawa beban (A)
4.1. Memegang alat tulis dengan benar (B)
|
III.
|
Kognitif
|
A1. Mengklasifikasi benda berdasar-kan fungsi.
B2. Mengklasifikasi-kan benda berdasarkan warna, bentuk, dan ukuran (3 variasi)
|
1.2. Menunjukkan sebanyak-banyaknya benda yang dipergunakan untuk mandi (A)
|
IV.
|
B a h a s a
|
A1. Mengerti beberapa perintah secara bersamaan.
B1. Menjawab pertanyaan yang lebih kompleks.
B3. Berkomunikasi secara lisan, me-miliki perbenda- haraan kata, serta mengenal simbol-simbol untuk persiapan membaca, menulis dan berhitung.
|
1.1. Melakukan 1 perintah (A)
1.2. Menjawab pertanyaaan dengan kata tanya “apa”
3.1. Menjawab pertanyaan (B)
4.1. Membaca gambar yang memiliki kata/kalimat sederhana (C)
|
V.
|
Sosial - Emosional
|
4. Mengenal tata krama dan sopan santun sesuai dengan nilai sosial budaya setempat.
|
4.3. Minta ijin bila keluar ruang kelas, meminjam barang teman
|
II. Kegiatan Belajar
Kegiatan belajar
|
Waktu
|
Sumber
|
Pembukaan
|
1. Berjalan maju di atas papan titian
2. Menyanyi ” Kepala Pundak Lutut Kaki ”
|
30
|
Papan titian,anak
Kumpulan lagu no 7
|
Inti
|
3. Menjawab pertanyaan : Apa saja nama anggota tubuh kita ?
4. Membaca gambar yang memiliki kata sederhana nama anggota tubuh
5. Memberi warna anak dengan benar
6. Menunjukkan benda yang dipergunakan untuk mandi dengan cara memberi tanda silang
|
60
|
Buku Bermain dan Berlatih TK B: Diri Sendiri ( hal 13)
Peralatan mandi
|
Istirahat
|
Makan, minum, cuci tangan, dan bermain
|
30
|
Bekal anak
|
Penutup
|
7. Pantomim : anak mandi
|
30
|
anak
|
III. Kegiatan Pembentukan Karakter
No.
|
Lingkup
|
Keterangan Kegiatan Pembentukan Karakter
|
1.
|
Nilai-nilai agama dan moral
|
- Menyebutkan tempat ibadah beragama Kristen Katolik, Protestan
|
2.
|
Sosial-emosional
|
- Minta ijin bila keluar ruang kelas, meminjam barang teman
|
...................., .................... 20...
Kepala PAUD, Guru
________________ _______________
Lampiran
Penilaian
Lingkup
|
Nomor
Indikator
|
Penilaian
|
Kurang
|
Cukup
|
Baik
|
Sangat baik
|
I
|
1.2
2.1
2.2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
II
|
1.3
4.1
|
|
|
|
|
III
|
1.2
|
|
|
|
|
IV
|
1.1
1.2
3.1
4.1
|
|
|
|
|
V
|
2.1
4.3
|
|
|
|
|
Rencana Kegiatan Harian (RKH)
No. : 014/diri sendiri/3/ 1/ 20.... – 20 ....
Satuan Pendidikan : PAUD________________________
Kelompok : 5 – 6 th
Tema : Diri sendiri
Sub tema : Anggota Tubuh
Waktu : 150 menit
I. Lingkup Perkembangan, Tingkat Pencapaian Perkembangan dan Indikator
No
|
Lingkup Perkembangan
|
Tingkat Pencapaian Perkembangan
|
Indikator
|
I.
|
Nilai-nilai Agama dan Moral
|
1. Mengenal agama yang dianut.
2. Membiasakan diri beribadah.
.
|
1.2. Menyebutkan tempat ibadah agama yang dianut
2.1. Mengikuti gerakan ibadah
|
II.
|
F i s i k
|
A4. Terampil menggunakan tangan kanan dan kiri.
|
4.1 Memantulkan bola besar, bola sedang dan bola kecil (diam di tempat) (A)
2.1. Meniru membuat garis tegak, datar, miring (B)
|
III.
|
Kognitif
|
A1. Mengklasifikasi benda berdasar-kan fungsi.
B3. Mengklasifikasi-kan benda yang lebih banyak ke dalam kelompok yang sama atau kelompok yang sejenis, atau kelompok berpasangan yang lebih dari 2 variasi.
|
3.8. Memasangkan anggota tubuh dengan: kegunaan dan perlengkapan/ pakaian yang dikenakan (B)
|
IV.
|
B a h a s a
|
B2. Menyebutkan kelompok gambar yang memiliki bunyi yang sama.
B5. Memiliki lebih banyak kata-kata untuk mengekpresikan ide pada orang lain.
|
2.1. Menyebutkan berbagai bunyi (B)
|
V.
|
Sosial - Emosional
|
4. Mengenal tata krama dan sopan santun sesuai dengan nilai sosial budaya setempat.
|
4.3. Minta ijin bila keluar ruang kelas, meminjam barang teman
|
II. Kegiatan Belajar
Kegiatan belajar
|
Waktu
|
Sumber
|
Pembukaan
|
1. Menyanyi ” Dua mata saya ”
2. Tanya jawab kegunaan mata
|
30
|
Kumpulan lagu No 6
Mata
|
Inti
|
3. Memasangkanbenda sesuai dengan pasangannya gambar sebelah kanan dengan kiri sesuai dengan kegunaannya
4. Meniru membuat garis miring menjadi kaca mata
5. Memantulkan bola
|
60
|
Buku Bermain dan Berlatih TK B: Diri Sendiri ( hal 14 )
Gambar kaca mata
|
Istirahat
|
Makan, minum, cuci tangan, dan bermain
|
30
|
Bekal anak
|
Penutup
|
6. Tepuk “ Mata “
7. Mendengarkan cerita “ Mata “
|
30
|
Kumpulan cerita No 7
Kumpulan tepuk No 2
|
III. Kegiatan Pembentukan Karakter
No.
|
Lingkup
|
Keterangan Kegiatan Pembentukan Karakter
|
1.
|
Nilai-nilai agama dan moral
|
- Menyebutkan tempat ibadah beragama Islam
|
2.
|
Sosial-emosional
|
- Minta ijin bila keluar ruang kelas, meminjam barang teman
|
...................., .................... 20...
Kepala PAUD, Guru
________________ _______________
Lampiran
Penilaian
Lingkup
|
Nomor
Indikator
|
Penilaian
|
Kurang
|
Cukup
|
Baik
|
Sangat baik
|
I
|
1.2
2.1
2.2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
II
|
4.1
2.1
|
|
|
|
|
III
|
3.8
|
|
|
|
|
IV
|
2.1
|
|
|
|
|
V
|
2.1
4.3
|
|
|
|
|
Rencana Kegiatan Harian (RKH)
No. : 015/diri sendiri/3/ 1/ 20.... – 20 ....
Satuan Pendidikan : PAUD________________________
Kelompok : 5 – 6 th
Tema : Diri sendiri
Sub tema : Anggota Tubuh
Waktu : 150 menit
I. Lingkup Perkembangan, Tingkat Pencapaian Perkembangan dan Indikator
No
|
Lingkup Perkembangan
|
Tingkat Pencapaian Perkembangan
|
Indikator
|
I.
|
Nilai-nilai Agama dan Moral
|
1. Mengenal agama yang dianut.
2. Membiasakan diri beribadah.
|
1.2. Menyebutkan tempat ibadah agama yang dianut
2.1. Mengikuti gerakan ibadah
|
II.
|
F i s i k
|
B2. Meniru bentuk.
B7. Mengekspresikan diri melalui gerakan menggambar secara detail.
|
2.1. Meniru membuat garis tegak, datar, miring (B)
7.2. Mewarnai gambar sesuai tema (B)
|
III.
|
Kognitif
|
A6. Memecahkan masalah sederhana dalam kehidupan sehari-hari.
|
6.7. Membedakan makanan segar dan basi (A)
|
IV.
|
B a h a s a
|
B3. Berkomunikasi secara lisan, me-miliki perbenda- haraan kata, serta mengenal simbol-simbol untuk persiapan membaca, menulis dan berhitung.
|
3.4. Berceritera tentang gambar yang disediakan atau dibuat sendiri (B)
3.1. Menjawab pertanyaan (B)
|
V.
|
Sosial - Emosional
|
4. Mengenal tata krama dan sopan santun sesuai dengan nilai sosial budaya setempat.
|
4.3. Minta ijin bila keluar ruang kelas, meminjam barang teman
|
II. Kegiatan Belajar
Kegiatan belajar
|
Waktu
|
Sumber
|
Pembukaan
|
1. Menyanyi ” Tanganku ada dua ”
2. Menjawab pertanyaan : guna tangan
|
30
|
Kumpulan lagu No 4
Tangan
|
Inti
|
3. Bercerita tentang gambar yang sudah disediakan tentang guna tangan
4. Membuat garis tegak, miring menjadi tangan
5. Mewarnai gambar tangan sendiri
6. Membedakan makanan segar dengan basi menggunkan tangan
|
60
|
Buku Bermain dan Berlatih TK B: Diri Sendiri ( hal 15 )
gambar jiplakan tangan
Kreasi guru
|
Istirahat
|
Makan, minum, cuci tangan, dan bermain
|
30
|
Bekal anak
|
Penutup
|
7. Mendengarkan cerita “ Tangan “
8. Mengungkapkan hasil pembelajaran satu hari
|
30
|
Kumpulan cerita No 8
|
III. Kegiatan Pembentukan Karakter
No.
|
Lingkup
|
Keterangan Kegiatan Pembentukan Karakter
|
1.
|
Nilai-nilai agama dan moral
|
- Menyebutkan tempat ibadah beragama Hindu, Budha
|
2.
|
Sosial-emosional
|
- Minta ijin bila keluar ruang kelas, meminjam barang teman
|
...................., .................... 20...
Kepala PAUD, Guru
________________ _______________
Lampiran
Penilaian
Lingkup
|
Nomor
Indikator
|
Penilaian
|
Kurang
|
Cukup
|
Baik
|
Sangat baik
|
I
|
1.2
2.1
2.2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
II
|
2.1
7.2
|
|
|
|
|
III
|
6.7
|
|
|
|
|
IV
|
3.4
3.1
|
|
|
|
|
V
|
2.1
4.3
|
|
|
|
|
Rencana Kegiatan Harian (RKH)
No. : 16/diri sendiri/3/ 1/ 20.... – 20 ....
Satuan Pendidikan : PAUD________________________
Kelompok : 5 – 6 th
Tema : Diri sendiri
Sub tema : Anggota Tubuh
Waktu : 150 menit
I. Lingkup Perkembangan, Tingkat Pencapaian Perkembangan dan Indikator
No
|
Lingkup Perkembangan
|
Tingkat Pencapaian Perkembangan
|
Indikator
|
I.
|
Nilai-nilai Agama dan Moral
|
1. Mengenal agama yang dianut.
2. Membiasakan diri beribadah.
.
|
1.2. Menyebutkan tempat ibadah agama yang dianut
2.1. Mengikuti gerakan ibadah
2.2. Berdoa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan
|
II.
|
F i s i k
|
B2. Meniru bentuk.
|
2.7. merobek menjadi sebuah bentuk (B)
|
III.
|
Kognitif
|
C1. Menyebutkan lambang ilangan- 20.
|
1.3. Menghitung benda 1 – 10 (C)
1.8. Menunjukkan sebanyak-banyaknya benda yang dipergunakan untuk olahraga (A)
|
IV.
|
B a h a s a
|
C2. Mengenal suara huruf awal dari nama benda-benda yang ada di sekitarnya.
|
2.1. Menyebutkan nama-nama benda yang ada di sekitarnya (C)
5.3. Memberikan keterangan yang berhubungan dengan posisi keterangan tempat, misalnya: di dalam, di atas, di bawah, di depan, di belakang, di kiri, di kanan (B)
|
V.
|
Sosial - Emosional
|
4. Mengenal tata krama dan sopan santun sesuai dengan nilai sosial budaya setempat.
|
4.3. Minta ijin bila keluar ruang kelas, meminjam barang teman
|
II. Kegiatan Belajar
Kegiatan belajar
|
Waktu
|
Sumber
|
Pembukaan
|
1. Menyanyi “ Kakiku ada dua “
2. Menunjuk gambar alat olah raga yang bisa ditendang
|
30
|
Kumpulan lagu No 4
benda-benda yang ada di kelas
|
Inti
|
3. Memberikan keterangan yang berhubungan dengan posisi : memberi warna biru pada anak yang berlari, warna merah yang duduk,warna hijau anak yang bersepeda, kuning yang melompat
4. Merobek kertas menjadi bentuk kaki
5. Menghitung jumlah kaki
|
60
|
Buku Bermain dan Berlatih TK B: Diri Sendiri ( hal 16 )
Kertas warna
|
Istirahat
|
Makan, minum, cuci tangan, dan bermain
|
30
|
Bekal anak
|
Penutup
|
6. Pantomim : “Kaki mengayuh sepeda”
|
30
|
anak
|
III. Kegiatan Pembentukan Karakter
No.
|
Lingkup
|
Keterangan Kegiatan Pembentukan Karakter
|
1.
|
Nilai-nilai agama dan moral
|
- Mengikuti gerakan ibadah
|
2.
|
Sosial-emosional
|
- Masuk ruang kelas tepat waktu
|
...................., .................... 20...
Kepala PAUD, Guru
________________ _______________
Lampiran
Penilaian
Lingkup
|
Nomor
Indikator
|
Penilaian
|
Kurang
|
Cukup
|
Baik
|
Sangat baik
|
I
|
1.2
2.1
2.2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
II
|
2.7
|
|
|
|
|
III
|
1.3
1.8
|
|
|
|
|
IV
|
2.1
5.3
|
|
|
|
|
V
|
2.1
4.3
|
|
|
|
|
RENCANA Kegiatan Harian (rKH)
No. : 17/diri sendiri/3/ 1/ VIII -20.... – 20 ....
Satuan Pendidikan : PAUD________________________
Kelompok : 5 – 6 th
Tema : Diri sendiri
Sub tema : Anggota Tubuh
Waktu : 150 menit
I. Lingkup Perkembangan, Tingkat Pencapaian Perkembangan dan Indikator
No
|
Lingkup Perkembangan
|
Tingkat Pencapaian Perkembangan
|
Indikator
|
I.
|
Nilai-nilai Agama dan Moral
|
1. Mengenal agama yang dianut.
2. Membiasakan diri beribadah.
.
|
1.2. Menyebutkan tempat ibadah agama yang dianut
2.1. Mengikuti gerakan ibadah
2.2. Berdoa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan
|
II.
|
F i s i k
|
B3. Melakukan eksplorasi dengan berbagai media dan kegiatan.
|
3.1. Membuat berbagai bentuk dari kertas, daun, kain perca, kardus, barang bekas dll (B)
|
III.
|
Kognitif
|
C2. Mencocokkan bilangan dengan lambang bilangan.
|
2.1. Membaca lambang bilangan 1 – 10 (C)
2.1. Menunjuk benda, hewan atau tanaman yang memiliki warna, bentuk dan ukuran tertentu (B)
|
IV.
|
B a h a s a
|
C4. Memahami hubungan antara bunyi dan bentuk huruf.
|
4.1. Membaca gambar yang memiliki kata/kalimat sederhana (C)
3.1. Menjawab pertanyaan (B)
|
V.
|
Sosial - Emosional
|
2. Menunjukkan sikap toleran.
4. Mengenal tata krama dan sopan santun sesuai dengan nilai sosial budaya setempat.
|
2.1. Meminta maaf dan memaafkan kesalahan teman
4.3. Minta ijin bila keluar ruang kelas, meminjam barang teman
|
II. Kegiatan Belajar
Kegiatan belajar
|
Waktu
|
Sumber
|
Pembukaan
|
1. Menyanyi ” Dua Mata Saya ”
2. Menjawab pertanyaan jumlah anggota tubuh
|
30
|
Kumpulan lagu No 6
Torso
|
Inti
|
3. Menunjuk benda yang memiliki ukuran tertentu, memberi tanda v pada anggota tubuh yang banyaknya 2
4. Membuat bentuk kaca mata dari barang bekas
5. Membaca lambang bilangan 1-6 gamabar kaca mata
|
60
|
Buku Bermain dan Berlatih TK B: Diri Sendiri ( hal 17 )
kreasi anak
|
Istirahat
|
Makan, minum, cuci tangan, dan bermain
|
30
|
Bekal anak
|
Penutup
|
6. Tepuk “ Mata “
|
30
|
Kumpulan tepuk No. 2
|
III. Kegiatan Pembentukan Karakter
No.
|
Lingkup
|
Keterangan Kegiatan Pembentukan Karakter
|
1.
|
Nilai-nilai agama dan moral
|
- Mengukuti gerakan ibadah
|
2.
|
Sosial-emosional
|
- Masuk ruang kelas tepat waktu
|
...................., .................... 20...
Kepala PAUD, Guru
________________ _______________
Lampiran
Penilaian
Lingkup
|
Nomor
Indikator
|
Penilaian
|
Kurang
|
Cukup
|
Baik
|
Sangat baik
|
I
|
1.2
2.1
2.2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
II
|
3.1
|
|
|
|
|
III
|
2.1
2.1
|
|
|
|
|
IV
|
4.1
3.1
|
|
|
|
|
V
|
2.1
4.3
|
|
|
|
|
RENCANA Kegiatan Harian (rKH)
No. : 18/diri sendiri/3/ 1/ VIII /20.... – 20 ....
Satuan Pendidikan : PAUD________________________
Kelompok : 5 – 6 th
Tema : Diri Sendiri
Subtema : Anggota Tubuh
Waktu : 150 menit
I. Lingkup Perkembangan, Tingkat Pencapaian Perkembangan dan Indikator
No
|
Lingkup Perkembangan
|
Tingkat Pencapaian Perkembangan
|
Indikator
|
I.
|
Nilai-nilai Agama dan Moral
|
1. Mengenal agama yang dianut.
2. Membiasakan diri beribadah.
.
|
1.2. Menyebutkan tempat ibadah agama yang dianut
2.1. Mengikuti gerakan ibadah
2.2. Berdoa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan
|
II.
|
F i s i k
|
A5. Melakukan kegiatan kebersihan diri.
|
5.1. Menggosok gigi
5.1. Menggunting dengan pola lurus (B)
|
III.
|
Kognitif
|
C1. Menyebutkan lambang ilangan- 20.
|
1.3. Menghitung benda 1 – 10 (C)
|
IV.
|
B a h a s a
|
C6. Menuliskan nama sendiri.
|
6.1. Menuliskan nama sendiri (C)
1.2. Menjawab pertanyaaan dengan kata tanya “apa”
3.1. Menjawab pertanyaan (B)
|
V.
|
Sosial - Emosional
|
2. Menunjukkan sikap toleran.
4. Mengenal tata krama dan sopan santun sesuai dengan nilai sosial budaya setempat.
|
2.3 Mau bergantian dalam bermain
4.3. Minta ijin bila keluar ruang kelas, meminjam barang teman
|
II. Kegiatan Belajar
Kegiatan belajar
|
Waktu
|
Sumber
|
Pembukaan
|
1. Menyanyi ” Nama – nama jari ”
2. Menjawab pertanyaan : apa nama jari kita
|
30
|
Kumpulan lagu No 9
Jari anak
|
Inti
|
3. Menghitung jari yang ditekuk, warnai bilangan yang sesuai
4. Menuliskan namanya sendiri menggunakan jari
5. Menggunting gambar jari
|
60
|
Buku Bermain dan Berlatih TK B: Diri Sendiri ( hal 18 )
kreasi guru
gambar jari
|
Istirahat
|
Makan, minum, cuci tangan, dan bermain
Praktek menggosok gigi setelah makan
|
30
|
Bekal anak
Sikat gigi, odol
|
Penutup
|
6. Mendengarkan cerita “ Jari Telunjuk “
|
30
|
- Kumpulan cerita No. 9
|
III. Kegiatan Pembentukan Karakter
No.
|
Lingkup
|
Keterangan Kegiatan Pembentukan Karakter
|
1.
|
Nilai-nilai agama dan moral
|
- Mengikuti gerakan berdoa
|
2.
|
Sosial-emosional
|
- Masuk ruang kelas tepat waktu
|
...................., .................... 20...
Kepala PAUD, Guru
________________ _______________
Lampiran
Penilaian
Lingkup
|
Nomor
Indikator
|
Penilaian
|
Kurang
|
Cukup
|
Baik
|
Sangat baik
|
I
|
1.2
2.1
2.2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
II
|
5.1
5.1
|
|
|
|
|
III
|
1.3
|
|
|
|
|
IV
|
6.1
1.2
3.1
|
|
|
|
|
V
|
2.1
4.3
|
|
|
|
|